General Information

About Logistics Engineering

Program Studi Teknik Logistik, di Institut Teknologi Telkom Surabaya berfokus pada perancangan, perbaikan/peningkatan, serta pemasangan sistem terintegrasi. Adapun sistem teintegrasi yang dimaksud adalah sistem yang terdiri dari manusia, mesin/peralatan, material, informasi, dan energi. Karena obyek yang dikaji adalah sistem, maka Teknik Industri dikenal sebagai jurusan multidisiplin. Di dalamnya melibatkan ilmu-ilmu matematik dan sains (sebagai dasar dari keilmuan engineering) dan ilmu-ilmu sosial (seperti manajemen dan ekonomi).

Ciri khas dari Prodi Teknik Logistik, Institut Teknologi Telkom Surabaya dibandingkan dengan prodi sejenis dari kampus lain adalah penguatan di bidang ICT (karena di bawah Telkom), serta pengaplikasian secara lebih luas di bidang industri kemaritiman. Di samping itu, pengetahuan tentang logistik dan transportasi adalah salah satu inti dari kajian keilmuan Teknik Logistik, sehingga keberadaan prodi Teknik Logistik sangat vital dalam mendukung visi dari insitut Teknologi Telkom Surabaya yang berfokus ke aplikasi bidang maritim, transportasi, dan logistik.

Fields Studied

Bidang yang akan dipelajari di Prodi Tenik Logistik

Distribution & Transportation Management

Operations Research & Engineering

Engineering Economic Analysis

Logistic Management

Quality & Reliability Engineering

Integrated Logistics Engineering

Inventory Control & System

Supply Chain Management

Engineering Management

Safety

History & Decree

Program Studi S1 Teknik Logistik, Institut Teknologi Telkom Surabaya pada saat awal pendirian pada tahun 2021 memiliki 6 dosen institusi.

TERAKREDITASI BAIK

Akreditasi Minimum Surat Keputusan tanggal 07 Juni 2021.

Graduate Information

Gelar dan Profil Lulusan Program Studi Teknik Logistik

Gelar Sarjana

Lulusan dari Prodi S1 Teknik Logistik diarahkan untuk dapat berkarir di industri Logistik (Profesional), pengembangan ilmu (akademisi) dan wirausaha di bidang Logistik yang berbasis teknologi Informasi dan Komunikasi di bidang transportasi, dan Logistik Cerdas.

Profil Lulusan

Profesional di bidang logistik yang mampu menerapkan prinsip-prinsip ilmiah, matematis, analisis kuantitatif dan kualitatif serta pemanfaatan logistik cerdas dalam kegiatan perencanaan, implementasi, dan kontrol efektivitas-efisiensi aliran barang dari hulu ke hilir, serta mampu memberikan kontribusinya dalam industri logistik. Baik sebagai profesional, wirausaha dan juga akademisi.

Learning Outcomes

Lulusan Program Studi Teknik Logistik akan memiliki
kemampuan berikut setelah mengikuti  program sarjana ini :

CPL 1

Capaian Pembelajaran (CP) Prodi S1 Teknik Logistik Institut Teknologi Telkom Surabaya dirumuskan dengan merujuk pada KKNI (Lampiran Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi) dan IABEE.

  1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika profesi.
  2. Memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  3. Menguasai konsep matematika, sains, TIK, dan keteknikan untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip keteknik-logistikan.
  4. Mampu mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis dan menyelesaikan permasalahan keteknik-logistikan.
  5. Mampu mendesain komponen, sistem, proses logistik di dalam batasan hukum, ekonomi, lingkungan, sosial dan berkelanjutan guna memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global.
  6. Mampu mengimplementasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam konteks pelaksanaan pekerjaannya.
  7. Mampu bekerjasama dalam tim yang interdisiplin dan multidisiplin.
  8. Mampu berkomunikasi secara efektif.
  9. Mampu mendesain dan menerapkan pengetahuan matematika, sains, TIK dan keteknik-logistikan untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip logistik  di bidang maritim, transportasi dan logistik cerdas.
  10. Mampu mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis dan menyelesaikan permasalahan logistik di bidang maritim, transportasi, dan logistik cerdas.
  11. Mampu memahami kebutuhan terkait isu-isu kekinian yang relevan di bidang maritim, transportasi, dan logistik cerdas.

Kekhasan

Logistik dan Rantai Pasok berbasis teknologi Informasi dan komunikasi di maritime, transportasi, dan Logistic Cerdas.